Sabtu, 28 Juni 2014




OVER HEAT
Apakalian tau apa itu over heat ……????
Over heat adalah keadaan pada suatu PC/LAPTOP yang membuatnya ngeheng alias ngeblank alias mati mendadak ..APA PENYEBABBNYA…..??

Factor internal>>>>
1.          PEnyebab dari over heatsing adalah tidak adanya aliran udara atau angina pada sebuah motherboard PC/LAPTOP sehingga prosesor mengalami kenaikan suhu / panas berlebih  dan alhasil prosesesor gak kuat terus mati dah laptop / PCnya. Biasanya  karenamenggunakan aplikasi yang membuat kinerja prosesor makin joss seperi game, video (yang di gunakan secara terus menerus) dll…..
2.          Thermal paste / pasta pada heatsing /prosesor udah kering dan minta untuk di tambain yang baru…
3.          Kipas / fan coo;er motherboard meninggal allias maot alias udzur alias gak pungsi…
Factor external>>>>>>>>>
1.          Posisi tempat peletakan laptop / pc yang tak sesuai sehingga sirkulasi udara terhambat dan menyebabkan udara mandek di dalam hehe….( jangan naro dikasur ato di karpet yaaa kecuali dengan alas)
        Sekarang pan udah tau kan yaa apa itu over heat sing dan apa itu penyebabnya kan….
Perlu diketahui juga nih kawan kalo ini terusterusan terjadi bisa-bisa kita ganti prosesor tuh atau yang lebih parahnya bisa ganti laptop….horeeeee ganti yang baru….(just kidding :D)
        Terus Penanggulangannya gimana tuh…….???
Hayoo gimana…..????? okeyy kita langsung ke TKP..

PERTAMA
        Buka semua babgian PC/LAPTOP kemudian bersihkan dari debu yang menempel pada bagian sluran keluar masuk udara..(bisa dengan tisu atau kain kering DAN koas) .
KEDUA
        Pastikan kan pada fan cooler di motherherboard berpunsi pada mestinya, karena dalam sebuah kasus terjadi masalah over heat karena fan coolernya tidak fungsi alias mati dan menyebabkan laptop ngehang dan mati , penyebabnya bisa karena soket kurang pas atua emang fan udah udjur alias pengen diganti…..:D
        Solusinya ..>>>>> pastikan soket terpasang dengan pas sehingga tidak terjadi kendala fan mati ketika sedang asik menggunakan pc/laptop
.>>>>> kaslo udah udzur ganti aja yang baru  hehe tp yang ori yaa biar gak cepet mati lagi …
>>>>nah solusi untuk permasalahan yang ketiga  adalah dengan kipas external alias kipas angin yang ukuran mini tentu harganya lebih murah dibandingkan dengan fan cooler pada laptop/pc..

KETIGA
        Cek pada bagian heatsing apakah pastanya udah kering atau tidak …soalnya yaa jikalau pastanya udah kering heatsing bisa nempel dengan prosesor dan menyebabkan pans berlebih..
Tambahkan pasta jika emang pasta pada prosesor dan heatsing kering alias abis..

        Nahhh begitulah kawan pengalaman saya berjumpa dengan over heatsing ..panik bingung dan memberikan teguran pada dompet tercinta….heheh
Monggo sekiranya berkenan bisa dicoba tiga solusi tersebut jika bertemu dengan over heatsing …
Semoga apa yang saya share ini bisa menambah wawasan atau ilmu tentang dinamika teknologi….. :D
Sekiranya ada kesalahn dalam kata atau tulisan atau pengalaman mohon dimaklumi karena masih new be…

Dan sampai jumpa untuk lain kali….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar